Breaking News
Loading...

Buku Kaligrafi: "Koleksi Karya Master Kaligrafi Islam"

Penulis : Drs. H. D Sirojuddin AR, M. Ag.
Catakan Pertama : Oktober 2007
Penerbit : Darul Ulum Press, Jakarta
Desain Sampul : Kurnia Agung Robiansyah, SEI (Studio Lemka)
Jumlah Halaman : 574 Halaman
Harga : Rp. 147.500,- (ongkos kirim 20% dari harga buku)

Kaligrafi Arab yang lebih dikenal dengan sebutan kaligrafi Islam karena kedudukannya sebagai pusat dan puncak seni Islam (art of Islamic art), pada awalnya merupakan sarana ilmu pengetahuan yang berubah menjadi aspek kesenian paling penting yang tumbuh dan berkembang ke aneka gaya atau aliran yang tidak pernah dicapai tulisan-tulisan lain.

Buku Koleksi Karya Master Kaligrafi Islam ini merupakan usaha yang gigih dalam menstudi kaligrafi hasil karya para master kaligrafi pilihan yang telah dikenal luas dan berpindah-pindah dari dan ke tangan-tangan khattat dan pelukis kaligrafi di pelbagai belahan dunia.

Di dalam buku ini Drs. H. D. Sirojuddin AR, M. Ag membahas kilas sejarah dan pembagian ragam jenis kaligrafi islam secara terperinci dan lebih mendalam, dilengkapi dengan 900 lebih contoh karya para master kaligrafi islam, mulai dari Khat Naskhi yang terbagi kepada: Khat Naskhi Qadim dan Khat Naskhi Suhufi; Khat Sulus yang terbagi kepada: Khat Tumar, Khat Muhaqqaq, Khat Rayhani, Khat Tawqi, Khat Riqa atau Ruqa, Khat Sulusaini, Khat Sulus Musalsal, Khat Sulus Adi, Khat Sulus Jali, Khat Sulus Mahbuk, Khat Sulus Muta’assir bil Rasm, Khat Sulus Mutanazhir; Khat Diwani yang terbagi kepada: Khat Diwani Adi, Khat Diwani Mutarabit, Khat Diwani Jali; yang terbagi kepada: Khat Diwani Jali Mahbuk, Khat Diwani jali Humayuni, Khat Diwani Jali Zauraqi; Khat Farisi yang terbagi kepada: Khat Ta’liq atau Khat Farisi Ta’liq, Khat Nasta’liq, Khat Syikasteh, Khat Farisi Mutanazir, Khat Farisi Mukhtazal, Khat Farisi Mir’at; Khat Kufi yang terbagi kepada: Khat Kufi Basit, Khat Kufi Musattar, Khat Kufi Mutalasiq, Khat Kufi Muwarraq, Khat Kufi Muzakhraf, Khat Kufi Madfur, Khat Kufi Muzayyin Nafsah, Khat Kufi Muta’assir bil Rasm, Khat Kufi Andalusi, Khat Kufi Fatimi, Khat Kufi Ayubi, Khat Kufi Mamluki; dan Khat Riq’ah.

Dengan menampilkan para tokoh beserta karya-karya dan latar belakang pendidikan, guru dan muridnya, karir kaligrafi hingga pandangan hidupnya, buku yang merupakan Ensiklopedi Kaligrafi Islam ini penting dijadikan pegangan oleh para khatat, pelukis kaligrafi, pemerhati dan aktivis kegiatan lomba kaligrafi yang kini semakin marak dalam sekup Nasional dan Internasional.

Untuk pemesanan hubungi:
Lembaga Kaligrafi Alquran (LEMKA) Jakarta
Tlp./Fax +6221 7496279
Email: lemkanet@yahoo.com

0 comments:

Post a Comment